Thursday, 17 November 2016

Tips Motor Terjebak di Lokasi Banjir

Musim hujan telah tiba, fenomena banjir tidak bisa kita lupakan pada musim ini terutama di jakarta yang menjadi daerah langganan banjir. Nah bagi anda pengendara motor yang berada di lokasi tersebut agar bisa lebih waspada supaya tidak terjebak di genangan banjir terrsebut. Berikut ada  Tips Bagi anda yang terjebak di lokasi banjir Offroader nasional Julian Johan punya beberapa tips untuk anda

  

1. Nyetir di tempat banjir ga perlu ngebut. Kenapa? Utk ngehindarin cipratan berlebih diruangan mesin yg berpotensi bikin mogok.

 2. Nerjang banjir paling aman pakai gigi 1 (mobil matic pindah ke L atau D2 atau 1). Karena beban mobil lebih berat wkt nerjang banjir.

3. Tdk perlu resah urusan knalpot kemasukkan air. Knapa? Karena knalpot gak akan bisa kemasukkan air selama mesin tetap nyala.

4. Ketimbang knalpot, yg harus diperhatikan justru filter udara di ruang mesin.  Bagian ini lebih rentan bikin mogok di banjir

 5. Karena filter udara yg kemasukkan air (cipratan dari menerjang banjir) bs bikin mogok.  Maka dari itu perlahan saat melintas.

6. Jika memungkinkan, hindari berhenti ditengah banjir.  Karena saat mobil berhenti, permukaan air akan naik di ruang mesin.

 7. Pada dasarnya, mobil bermesin diesel lbh aman nerjang banjir dibanding mesin bensin.  Diesel lebih bersifat 'Waterproof'.

8. Kenapa tdk blh terlalu digas wkt lewat banjir? Karena filter udara semakin kuat nyedot udara. Makin berpotensi ngisep air.

9. Selalu siaga dan cermat.  Tanpa disadari, yg bikin mobil kita mogok justru terjangan ombak air berlebih dari mobil sebelah.

10. Setelah melewati genangan, jgn langsung mengebut. Cukup berbahaya karena kondisi rem kita masih sangat licin.

11. Cara mengeringkan rem setelah melewati genangan? Cukup lakukan rem kecil berulang hingga terasa menggigit kembali.

12. Untuk mobil manual, usahakan menghindari menginjak kopling saat berada di genangan banjir. Mengapa?

13. Menginjak kopling di genangan banjir membuat air masuk ke transmisi.  Berpotensi merusak transmisi karena oli bercampur air.

14. Jika belum familiar dgn jalan yg dilewati. Usahakan jgn melintas pinggir jalan. Mungkin saja ada selokan.


Semoga bermanfaat dan kita bisa lebih berhati-hati lagi.

20 comments:

  1. Nama : Achmad Mukodar
    Nomer: 02
    Kelas: X TKRO 3
    Terimakasih atas informasinya

    ReplyDelete
  2. Nama : rackhan bagus s
    Kelas: x tkro 3

    Terimakasih atas infonya

    ReplyDelete
  3. Nama: m. Miftah irsadul. H
    No:17
    Kls: x-tkr 3

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. Nama:Amar raf Sanjani
    Kelas:X TKR 2

    ReplyDelete
  6. Nama: Muhammad Safik Abdullah
    Kelas:X TKRO3

    ReplyDelete
  7. Nama : Arif Nur Hafidzin
    Kelas: X RPL 1

    ReplyDelete
  8. NAMA :Jihatu zafi
    KELAS: X TKR 2

    ReplyDelete
  9. NWMA:CAHYO FIRMANSYAH
    KELAS: X TKR 3

    ReplyDelete
  10. Nama : Fera olyfia Lindawati
    Kelas : X RPL 1

    ReplyDelete
  11. Nama: fendi Arya maulana
    Kls.:X TKR 1

    ReplyDelete
  12. Nama:Ananda dian firmansyah
    Kelas: XTKRO 1

    ReplyDelete
  13. Nama:Argo Bayu satria
    Kelas:X TKR 1

    ReplyDelete
  14. Nama:Rosyidanil Haq
    Kelas:X TKRO1

    ReplyDelete
  15. Nama : Davin Maulana Nugraha
    Kelas:X TBSM 1

    ReplyDelete
  16. Nama: Bawon Haryanto
    Kelas: XI TKRO 3

    ReplyDelete